Ini adalah blog gue yang gue buat karena tugas ICT, dari Bu Dina, dan gue berharap blog ini bisa bermanfaat buat gue tentunya :D

Friday, May 11, 2012

Tidur Siang dalam Tabung Podtime dan Segar Kembali


Olimpiade 2012 di London sebentar lagi akan dimulai dan salah satu hal penting yang harus dijaga adalah kelangsungan sebuah data centre supaya semua data bisa terus berjalan (uptime)

Untuk memastikan bahwa data center selalu siap siaga maka Interxion sebagai pemilik data center yang diberi tanggung jawab untuk Olimpiade 2012 membuat sebuah kamar kecil bagi para teknisinya agar bisa tidur tepat di dalam ruang server.


Disebut dengan Sleeping Pods dan dibuat oleh perusahaan Podtime, kamar berbentuk tabung ini mengingatkan kita dengan kamar yang ada di hotel kapsul di Jepang sana.

Sleeping Pod dijual £ 1.375 (sekitar Rp. 18 jutaan). Tawaran lainnya, berikut perangkat tambahan (opsional) seperti radio, lampu LED, rak buku, colokkan listrik dan kalau perlu TV kecil.

Tampak dalam video (lihat di bawah) tv kecil yang terletak di bagian atas memutar footage atau pun film yang menenangkan, sehingga bisa membantu untuk cepat tertidur.

Menarik tentang Podtime ini sendiri karena salah satu fungsi utamanya adalah bagaimana bisa menyediakan sebuah tempat yang nyaman untuk beristirahat bagi para karyawan di kantor.

Seperti kita tahu, dengan beristirahat selama 15-20 menit maka karyawan akan mendapatkan kembali energinya untuk bekerja dan pastinya stres akan berkurang.

Sleeping Pods jadi pilihan bagi perusahaan yang mau produktifitas karyawannya tetap stabil.

-----------------------------------------
Pendiri Podtime, Jon Gray dalam sebuah wawancara dengan VentureBeat memulai proyek ini sejak setahun lalu. Awalnya Gray melihat seorang rekan di distrik keuangan London yang terlihat lelah setiap siang.

Dia mulai meneliti manfaat ilmiah dari tidur siang, ternyata memang banyak manfaatnya. Berangkat dari inspirasi tersebut, barulah Gray menyiapkan Sleeping Pod.




Sumber:
http://venturebeat.com/
http://www.redferret.net/
http://www.otakku.com

0 comments: